Selasa, 13 Mei 2008

Pentingnya Alas dalam Pemeliharaan Hamster

Alas ini sebenarnya lebih difungsikan untuk menghangatkan tubuh hamster(khususnya bayi hamster). Di Indonesia kebanyakan alas yang digunakan berupa serbuk gergaji.
Alas merupakan bagian yang kelihatannya sepele, namun hal ini memegang peranan yang cukup signifikan dalam menentukan kesehatan hamster, mengapa? Karena di sinilah segala aktifitas hamster berlangsung.
Menyiapkan alas. Ada baiknya ketika menyiapkan alas pada kandang dicampur dengan bedak(bedak hewan tentunya), meskipun serbuk yang dibeli di pet shop sudah cukup baik secara kualitas maupun kebersihannya. Hal ini ada baiknya dilakukan menginggat alas yang berbahan serbuk gergaji merupakan media yang sangat bagus untuk berkembang biaknya kutu dan tumbuhnya jamur.
Mengganti alas. Ketika alas basah(baik karena air minum yang tumpah, kencing hamster, dsb) maka suhu dalam kandang akan menjadi lembab. Di saat inilah potensi terbesar tumbuhnya jamur dalam kandang hamster(jangan dibayangkan jamur kayu yang besar, meskipun budi dayanya sama-sama menggunakan serbuk gergaji. Jamur yang muncul di sini adalah jamur-jamur yang menyebabkan penyakit kulit seperti kutu air, kadas, dkk).
Bila terjadi demikian, bagaimana dengan hamster yang selalu beraktifitas di situ? Jelas tidak sehat(khususnya kulit hamster). Kaki yang menapak maupun bulu yang ikut basah karenanya akan menyebabkan hamster gatal. Hamster yang menggaruk justru akan membuat gatal menyebar, bahkan sampaitahap tertentu hamster akan mengalami rontok bulu. Apakah bisa berakibat lebih fatal? Bisa, hamster yang terus menggaruk akan luka akibat garukannya sendiri dan bila luka tersebut terkena kuman maka akan mengakibatkan infeksi yang kemudian bisa merengut nyawa hamster bila tidak segera ditangani.
Oleh karenanya sering-sering cek keadaan alas, begitu basah langsung ganti jangan tunggu sampai bau. Untuk menggantinya tidak perlu seluruhnya, cukup pada bagian yang basah hingga kira-kira 1cm di sekelilingnya. Sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan kesehatan hamster tetap terjaga.
Bolehkah menggunakan alas bekas yang sudah dicuci? Boleh, namun hal ini tidak disarankan. Berikut cara mencuci alas untuk dapat digunakan kembali seperti baru:
  1. Rendam alas bekas tersebut dengan air hangat sambil terus diaduk. Gunanya agar seluruh kotoran terlepas
  2. Buang air rendaman, lalu tiriskan sedikit demi sedikit menggunakan saringan sambil disemprot menggunakan air hangat. Gunanya agar kotoran yang masih mengendap terbuang.
  3. Cuci alas bekas tersebut dengan sabun, lalu bilas dengan cara ulangi poin 1 dan 2
  4. Keringkan dengan menggunakan oven
Permasalahan ada di poin ke 4 yang menyebutkan "keringkan dengan menggunakan oven", mengapa demikian? Hal tersebut agar memperoleh hasil yang maksimal. Bagaimana dengan di jemur? Alas yang basah(meskipun karena dicuci) sangat berpotensi menimbulkan jamur, kuman, dll. Pada saat menjemur bisa saja pada saat tersebut kuman hinggap melalui udara atau jika masih tersisa jamur, kuman, dll sinar matahari justru dapat membantunya berfotosintesa yang justru mempercepat perkembangannya. Bagaimana dengan menggunakan hairdryer dalam ruangan? Hairdryer tidak memberikan kualitas kering yang maksimal, dengan basah yang tersisa hanya akan membuat sia-sia hasil pencucian tersebut. Di sisi lain penggunaan Hairdryer akan memakan biaya listrik yang cukup besar.
Oleh karena proses pengeringan yang memakan biaya cukup besar, maka pencucian alas bekas tidak disarankan. Pengeringan dalam kuantitas sedikit menggunakan oven rumah tangga biayanya jauh lebih besar dibandingkan pengeringan dengan oven industri yang mampu menampung jumlahyangjauh lebih besar. Oleh karena itu mendingan beli deh...!

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Kalo mengobati hamster yg udah trlanjur gatal2 gimana y carany?

Anonim mengatakan...

nuMpang Tanya ne...
kalo Hamter abis NglaHirin.. gmn cara ny biar ga d makan induk ny..?

Anonim mengatakan...

klu dah terlanjur begitu.... gmna caranya ngobatinnya....

Anonim mengatakan...

untuk mengatasi rasa gatal pada hamster bisa dilakukan dengan menaburkan bedak pada tubuhnya..bedak yang bisa digunakan yaitu bedak untuk kucing namun pemberiannya sedikit saja yaitu pada permukaan tubuhnya